Cara Penularan Hepatitis A

By | 30th May 2016

Cara Penularan Hepatitis A,- Hepatitis A yaitu salah satu penyakit yang menular. Hepatitis A merupakan infeksi penyakit hati yang disebabkan oleh virus hepatitis A. Virus ini dapat mempengaruhi fungsi dan juga kemampuan hati. Pada kasus hepatitis A yang ringan, penyakit tersebut dapat sembuh dengan sendirinya. Tetapi pada penderita hepatitis A yang telah akut dapat terjadi kerusakan hati secara permanen.

Cara Penularan Hepatitis A Yang Harus Diwaspadai

Sanitasi buruk

Keadaan sanitasi lingkungan yang buruk menjadi media penularan hepatitis A yang paling efektif. Hepatitis A dapat ditularkan melalui genangan air yang telah tercemar. Dikala tangan kita menyentuh air tersebut & kita tak mencuci tangan kemudian menyentuh makanan sehingga virus itu bisa masuk ke dalam tubuh. Virus ini dapat mengganggu fungsi hati kemudian menyebabkan penyakit hepatitis A.

Kontak langsung

Virus hepatitis A pula dapat ditularkan dengan cara kontak langsung dengan penderita hepatitis A. Misalnya yaitu tangan bersentuhan dengan penderita hepatitis kemudia tidak dilakukan cuci tangan. Sesudah tidak cuci tangan kemudian makan. Hal itu dapat menyebabkan mudah terkena penyakit hepatitis A.

Virus hepatitis A pula dapat ditularkan melalui makanan yang mempunyai kontak langsung dengan penderita. Misalnya penderita hepatitis A memasak makanan, makanan tersebut sudah terkonstaminasi dengan virus maka dikala ada yang memakannya sehingga tubuhkan akan terinfeksi dengan virus tersebut.

Berbagi makanan

Berbagi makanan boleh-boleh saja asalkan dengan orang sehat. Hal itu karena virus hepatitis A dapat ditularkan melalui makanan. Misalnya anda makan semangkuk makanan dengan penderita hepatitis, sehingga anda rentan untuk terkonstaminasi dengan virus tersebut. Penularan virus juga bisa melalui minuman yang anda minum bersama-sama dengan penderita virus hepatitis A.

Makanan yang tercermar

Mengonsumsi makanan yang tercemar dapat menyebabkan seseornag terkena penyakit hepatitis A. Misalnya anda konsumsi ikan yang airnya telah tercemar , sehingga anda akan rentan untuk terkena virus hepatitis A.

Lingkungan kerja yang kotor

Orang yang bekerja di lingkungan kerja yang kurang kondusif dapat membuatnya untuk terkena penyakit hepatitis A. Misalnya bekerja sebagai pembersih kandang sapi, kandang ayam, bekerja di selokan, pembuangan limbag dan masih banyak lagi lainnya. Orang yang bekerja di lingkungan seperti itu , sebaiknya untuk senantiasa memeriksakan kesehatannya.

Itulah beberapa cara penularan hepatitis A, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terimakasih telah mengunjungi website obat anti virus hepatitis.

| Cara Penularan Hepatitis A

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *