Macam-Macam Penyakit Hati

By | 22nd February 2016

macam-macam penyakit hati,- Hati ialah salah satu organ yang paling penting dalam tubuh kita yang berfungsi untuk menetralisir racun dari dalam darah, melindungi tubuh dari infeksi dan memusnahkan bakteri atau parasit lain sehingga tubuh kita tetap terjaga kesehatannya. Oleh sebab itu sebisa mungkin kita harus melindungi organ vital ini dari penyakit hati. Kalau terserang penyakit hati maka sel-sel hati dapat mengalami peradangan sehingga dapat mengalami penurunan fungsi normalnya.

Penyakit hati dapat disebabkan oleh berbagai hal adalah diantaranya infeksi, di mana penyakit ini didapatkan dari penularan melalui makanan atau minuman yang terkonstaminasi virus , pemakaian jarum suntik yang tak steril & sebagainya. Penyakit hati pun bisa disebabkan karena faktor keturunan, gangguan kekebalan tubuh, kanker dam disebbakan oleh racun yang bisanya berasal dari alkohol atau timbunan obat dengan kandungan kimia tertenu. Sifat alkohol ialah menjadi racun (toxic) bagi hati.

Macam-Macam Penyakit Hati

1.Hepatitis

Pada umumnya hepatitis ada beberapa macam antara lain yaitu hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C , hepatitis D & hepatitis E. Diantara jenis hepatitis tersebut , hepatitis B yaitu salah satu hepatitis yang paling berbahaya. Lantaran jenis hepatitis ini bisa berkembang jadi penyakit kronis seperti sirosis atau kanker hati. Hepatitis juga merupakan salah satu jenis penyakit yang menular yang perlu diwaspadai.

2.Sirosis hati

Sirosis hati yakni penyakit dari dampak lanjutan dari hepatitis B & hepatitis C yang sangat kronis. Penyakit ini juga menyebabkan fungsi hati terganggu karenanya jumlahnya jaringan ikat yang ada di dalam hati. Kecanduan alkohol, malnutrisi (kesalahan mengonsumsi gizi) pula penyakit lain yang menyebabkan tersumbatnya saluran empedu , juga bisa menjadi penyebab sirosis hati.

3.Hemochromatosis

Penyakit pada hati selanjutnya yakni hemochromatosis. Penyakit ini yaitu penyakit yang bersifat keturunan atau genetik. Seseorang yang mengidap penyakit ini akan mengalami kelainan metabolisme di mana adanya pengendapan besi yang berlebihan dalam hati.

4.Kanker hati

Kanker hati ialah penyakit lanjutan dari efek hepatitis B, hepatitis C juga jemochromatosis. Jenis kanker hati yang paling banyak terjadi ialah hepaticular carcinoma (HCC). Salah satu cara pengobatan paling efektif untuk mengatasi hal ini ialah cara melakukan kemoterapi. Akan tetapi cara ini juga tak banyak membantu penderita kanker hati itu sendiri.

5.Kolestasis & jaundice

Penyakit ini dapat terjadi apabila hati gagal untuk memproduksi atau mengeluarkan cairan empedu dalam badan. Bila hal ini terjadi maka dapat terkadi juga kegagalan dalam penyerapan lemak, vitamin (A,D,E & K) pada usus. Tidak cuma itu, penyakit ini juga menyebabkan penumpukan bilirubin, asam empedu serta koleterol di hati. Penyakit ini pula mempunyai gejala atau tanda seperti kulit penderita jadi kuning , warna peses terang & urine berwarna gelap.

6.Steatohepatitis (perlemakan hati)

Perlemakan hati yakni terjadinya penimbunan lemak di dalam sel-sel hati yang jumlahnya melebihi 5% dari berat hati itu sendiri atau bila penimbunan itu melingkupi lebih dari 50% jaringan sel-sel hati. Perlemakan hati ialah penyebab potensial dari terjadinya sirosis.

Penyebab perlemakan hati secara garis besar dibagi jadi 2 yaitu :

  • Pelemakan hati akibat alkohol yang terjadi akibat dari mengkonsumsi alkohol yang berlebihan atau kecanduan alkohol.
  • Perlemakan hati bukan akibat alkohol, penyakit ini disertai dengan matinya sel-sel hati. Penyebabnya antara lain : Metabolisme tubuh yang tak normal akibat kegemukan, kelainan metabolisme lemak (lipid) lantaran peningkatan atau penurunan fraksi lemak dalam darah, menumpuknya racun dalam hati akibat mengonsumsi obat-obatan atau keracunan & pola hidup yang tak sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *