Mengenal Vaksin Pertama Pada Bayi

By | 6th October 2015

Manfaat vaksin untuk kesehatan bayi tak terbantahkan . Salah satu vaksin penting dan pertama di berikan pada bayi adalah vaksin Hepatitis B , Vaksin ini segera di berikan seusai 12 jam sesudah di lahirkan .

Hepatitis B adalah penyakit yang sangat mudah menular dan kebanyakan orang sering kali tidak menyadari bahwa dirinya terinfeksi hepatitis B karena penyakit ini cenderung tanpa gejala. Bayi yang terserang penyakit hepatitis B biasanya karena sang ibu terlambat dan justru lupa memberikan vaksin tersebut saat bayi baru lahir.

vaksin
Kondisi tersebut dapat berakibat fatal dan membuat masa depan kesehatan si kecil terancam, karena penyakit ini bisa menyebabkan anak menderita gangguan hati kronis yang berujung pada kanker hati kelak saat ia dewasa.

Vaksin memiliki peranan yang sangat penting untuk bayi yang baru lahir karena ia belum memiliki daya tahan tubuh yang baik selain antibodi yang diberikan oleh Ibu saat ia masih berada di dalam kandungan. Pasalnya vaksin dapat membantu untuk menangkal berbagai penyakit, termasuk dari serangan penyakit hepatitis B tersebut.

Karena itulah, setiap bayi harus diberikan vaksin sejak ia dilahirkan dan umumnya vaksin hepatitis B diberikan sebelum si kecil pulang dari rumah sakit. Nah, mulai sekarang tak usah mikir panjang lagi ya untuk memberikan imunisasi kepada si kecil.

Mengenal Penyakit Hepatitis B

Penyakit Hepatitis B dikenal juga dengan penyakit liver atau hati. Nama populernya adalah penyakit kuning, karena berubahnya warna kulit di beberapa bagian tubuh dari putih menjadi kuning. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, termasuk anak.
anda-tanda atau gejala penyakit hepatitis B ini terkadang tampak setelah dua sampai tiga bulan setelah anda terinfeksi dan gejalanya setiap orang berbeda-beda dari mulai gejela ringan hingga gejala parah. Berikut ini merupakan tanda dan gejala penyakit hepatitis B : Nyeri pada daerah perut Berubahnya warna urine menjadi warna gelap Nyeri pada persendian Nafsu makan menurun bahkan menghilang Perasaan mual dan berakhir muntah-muntah Sering merasakan lelah dan lemah Kulit dan bagian tubuh yang putih berubah menjadi kuning

Tanda-tanda atau gejala penyakit hepatitis B ini terkadang tampak setelah dua sampai tiga bulan setelah anda terinfeksi dan gejalanya setiap orang berbeda-beda dari mulai gejela ringan hingga gejala parah. Berikut ini merupakan tanda dan gejala penyakit hepatitis B:

  • Nyeri pada daerah perut
  • Berubahnya warna urine menjadi warna gelap
  • Nyeri pada persendian
  • Nafsu makan menurun bahkan menghilang
  • Perasaan mual dan berakhir muntah-muntah
  • Sering merasakan lelah dan lemah
  • Kulit dan bagian tubuh yang putih berubah menjadi kuning

Smoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua . Salam sehat

Mengenal Vaksin Pertama Pada Bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *