Obat Tradisional Untuk Penyakit Hepatitis

By | 3rd May 2016

Ada beberapa ramuan obat tradisional yang berkhasiat dapat mengatasi penyakit hepatitis :

  1. Kunyit

Obat Tradisional Untuk Penyakit Hepatitis

Komponen aktif kunyit ialah kurkumin yang berkhasiat antioksidan. Kunyit mempunyai banyak khasiat buat kesehatan salah satunya bisa menghambat kerusakan hati.

2. Jahe

Obat Tradisional Untuk Penyakit Hepatitis 02

Selama 2500 tahun, orang cina sudah menggunakan jahe untuk mengobati mual. Beberapa penelitian sudah mengkonfirmasikan manfaat jahe untuk mengurangi mual. Tanaman ini bisa meredakan mual & muntah yang disebabkan oleh terapi obat terhadap pasien hepatitis.

3. Teh hijau

Flavonoid dalam catechin berdosis tinggi yang terdapat pada teh hijau mempunyai sifat anti oksidan yang mempunyai kemampuan untuk menstabilkan membran sel, maka sangat baik untuk melindungi & menstabilkan sel-sel hati kepada penderita penyakit hepatitis.

4. Lada hitam

Kandungan senyawa aktif piperin yang ada pada lada hitam akan mengurangi resiko merusak racun pada hati. Faktor ini terutama sebab sifat antioksidan pada piperin.

5. Temulawak

Rimpang temulawak sejak lama dikenal sebagai bahan ramuan obat. Temulawak berkhasiat akan menghilangkan rasa nyeri & sakit karena kanker. Ekstrak temulawak sangat dianjurkan untuk dikonsumsi guna mencegah penyakit hati, termasuk hepatitis B yang jadi salah satu faktor risiko timbulnya kanker hati.

Cara membuat ramuan tradisional temulawak:

Sediakan 10 gram rimpang temulawak, 10 gram kunyit, 10 gram temu putih, 10 gram temu mangga. Cuci bersih bahan-bahan tersebut , kemudian parut. Setelah diparut campurkan dengan ciplukan , meniran, dan daun sambiloto, lalu direbus dengan 2 gelas air putih hingga tersisa sekitar 1,5 gelas. Setelah disaring, ramuan diminum 3 kali sehari masing-masing 1/2 gelas. Untuk mengurangi rasa pahit, tambahkan 1 sendok makan madu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *