Penyebab Penyakit Hepatitis

By | 8th January 2016

Penyebab Penyakit Hepatitis,- Hepatitis adalah penyakit yang diakibatkan oleh adanya peradangan pada hati. Sekian Banyak gejala & tanda yang terlihat pada seseorang yang menderita hepatitis ialah gampang lelah, kuning yang umumnya mampu tampak kepada kulit atau mata, kencing berwarna kecoklatan seperti teh, sering didapatkan pembesaran hati & nyeri perut kanan atas terhadap dikala pemeriksaan fisik.

Berdasarkan penyebabnya, hepatitis dibagi jadi 2 kategori ialah hepatitis non infeksi & infeksi. Pada hepatitis non infeksi , radang yang berlangsung terhadap hati diakibatkan oleh penyebab yang bukan sumber infeksi seperti bahan kimia, obat-obatan, alkohol. Sedangkan kepada hepatitis kategori infeksi, peradangan yang timbul kepada hati diakibatkan oleh mikroorganisme yang menyerang hati. Mikroorganisme spesifik yang menyebabkan hepatitis yakni virus hepatitis.

Penyebab Penyakit Hepatitis

1.Hepatitis A

Hepatitis A disebabkan oleh virus hepatitis A. Virus tersebut menular dengan cara yang dalam dunia medis dikenal bersama sebutan fecal-oral (fecal : kotoran/feses oral : mulut). Penyebaran & penularan virus ini terjadi lewat konstaminasi makanan atau air oleh virus hepatitis A yang terdapat terhadap kotoran/feses penderita hepatitis A.

Pencegahannya merupakan dengan menjaga kebersihan asupan makanan yang kita makan, mencuci tangan memakai sabun dengan air yang bersih sebelum makan, menjaga sanitasi makanan pun menghindari makanan yang belum didapati kebersihan pengolahannya.

2.Hepatitis B

Pada hepatitis B , penyebabnya yaitu virus hepatitis B. Penyebaran & penularan virus ini yaitu lewat kontak darah contohnya kepada kala transfusi darah, konstaminasi jarum suntik pula jalinan seksual. Bahkan penyakit ini jugad daoat ditularkan oleh ibu yang mengidap hepatitis B terhadap bayi sewaktu proses persalinan.

Pencegahan dapat dilakukan dengan menghindari kontak dengan jarum yang dimanfaatkan dengan cara berulang-ulang seperti jarum yang dimanfaatkan dalam pelaksanaan tato kepada badan juga penggunaan obat-obatan intravena secara bersama-sama dengan jarum suntik.

3.Hepatitis C

Hepatitis C yaitu infeksi hati yang disebabkan oleh virus hepatitis C yang menyebabkan peradangan, di mana infeksi yang terjadi tak mempunyai gejala apapun. Penularan virus ini hampir sama bersama tipe hepatitis B ialah lewat kontak darah yang sudah konstaminasi virus tersebut.

4.Hepatitis D

Hepatitis D ialah infeksi yang bakal menyebabkan pembengkakan terhadap organ hati penderitanya yang mana penyebabnya merupakan virus hepatitis D. Seseorang akan terkena jenis virus hepatitis ini ialah mereka yang sudah terinfeksi virus hepatitis B sebelumnya.

5.Hepatitis E

Hepatitis E yaitu salah satu penyakit hati yang disebabkan oleh ifneksi virus hepatitis E merupakan partikel mikroskopis yang masuk kedalam sel-sel hidup untuk bereproduksi.

Penderita hepatitis E bisa saja tidak akan merasakan gejala & tanda apapun pasca virus ini memasuki tubuhnya buat jangka ketika 2-9 pekan. Tetapi penderita dapat mengalami sekian banyak gejala sesudah periode inkubasi tersebut seperti flu ringan, timbulnya kelelahan ekstrim yang umumnya terjadi tatkala sekian banyak saat sesudah virus dibersihkan, perubahan warna urin enjadi gelap atau coklat, warna mata & kulit jadi kuning.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *