Tips Menghentikan kecanduan Minuman Keras

By | 26th September 2015

Sebelum terlambat , alangkah lebih baiknya mencegah hal-hal negatif tersebut terjadi kepada anda dengan cara membatasi atau berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol . Memang sulit menghentikan kebiasaan ini, terutama bagi anda yang tergolong pecandu berat . namun dengan tekad yang kuat dan dukungan dari orang sekitar , kecanduan terhadap alkohol bisa di lepas . berikuut ini tips yang bisa anda lakuka untuk terlepas dari kecanduan alkohol .

minuman keras

Ubah Gaya Hidup Anda

Langkah awal untuk berhenti mengonsumsi minuman keras adalah menghindari diri dari bentuk fisiknya . Buah seluruh botol minuman keras yang masih ada di rumah anda , guna mengurangi hasrat untuk mencicipinya .

Selama proses ini, sebaiknya hindari hal-hal yang memicu Anda untuk mengonsumsi minuman alkohol. Untuk sementara waktu, Anda bisa menjauhi orang-orang yang sebelumnya sering menemani Anda ketika mabuk. Jika Anda diajak untuk mabuk-mabukan, tolak dengan sopan dan katakan kepada mereka bahwa kini Anda ingin berhenti mengonsumsi minuman alkohol.

Lakukanlah kegiatan positif yang bisa mengalihkan keinginan Anda dari minuman alkohol, seperti melakukan hobi, berolahraga, ikut kegiatan sosial, berkumpul bersama keluarga, atau bergabung ke komunitas antialkohol. Pastikan Anda berada bersama orang-orang berenergi positif yang bisa mendukung perbaikan hidup Anda.

Jalani Pengobatan Medis

Mungkin mengubah gaya hidup saja belum cukup ampuh bagi anda yang sudah memuja alkohol selama bertahun-tahun . Jangan khawatir karena ketergantungan anda bisa terbantu melalui tangan medis . Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah mengikuti program detoksifikasi atau rehabilitasi . 

Minum obat – obatan tertentu juga bisa menekan hawa nafsu anda untuk mengonsumsi minuman alkohol . Ada pula obat yang bisa memberi efek tidak enak ketika anda menenggak minuman keras . jadi ketika anda mengonsumsi minuman keras selama menjalani pengobatan , anda akan merasa sakit kepala , mual , atau muntah . Untuk kasus yang lebih parah , ada obat yang bisa di suntikan .

Ketika Anda memutuskan berhenti minum alkohol, maka Anda harus sepenuhnya terbebas darinya, walau hanya setetes. Tidak perlu takut dijauhi oleh teman-teman karena berhenti mengonsumsi minuman keras. Ingatlah bahwa kesehatan dan hidup Anda jauh lebih berharga.

Tips Menghentikan kecanduan Minuman Keras

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *